Cara Membuat Makalah

By Admin

Membuat makalah adalah satu tugas yang mungkin sering di berikan guru atau dosen. Pengertian makalah sendiri bisa berbeda-beda tergantung dari untuk apa makalah di buat.

Membuat makalah biasanya memiliki kecenderungan sebagai tugas dari dosen universitas. Makalah tersebut bisa dijadikan karya ilmiah dan dituangkan ke dalam bentuk pemberitahuan tertulis di samping sebagai pendukung penjelasan secara ilmiah.

Prinsipnya makalah dapat menjadi tipe kecil dari penulisan sebuah karya ilmiah. Namun demikian, kita tetap harus merenungkan bagian karya kritis itu sendiri. Kita tidak dapat menyebutnya sebagai karya tulis, jika tidak memiliki bagian atau susunan yang baik dan benar.

Bagian-bagian dasar dar sebuah makalah terdiri atas:

  1. Cover ( hardcover maupun softcover)
  2. Judul
  3. Kata Pengantar / Prakata
  4. Daftar Isi
  5. Bab I : Pendahuluan
  6. Bab II : Isi
  7. Bab III : Penutup
  8. Daftar Pustaka

Berikut adalah penjabaran dari bagian-bagian makalah.

1. CoverPada bagian cover, akan terdapat lagi bagian-bagiannya, yaitu :
  • Judul makalah itu sendiri
  • Tujuan dari pembuatan makalah tersebut
  • Nama Si Pembuat
  • Logo Suatu Lembaga
  • Nama lembaga dan juga alamatnya
  • Tahun ajar / akademik.


contoh membuat cover makalah :

"Menuju SistemPertanian Organik"
Tujuan pembuat materi ini adalah untuk memenuhi tugas perkuliahan
Ditulis oleh : Bowo Sutoyo
[Logo tempatkan di sini]
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Yogyakarta, Indonesia
2015-2016




2. Judul Makalah 
Judul Makalah biasanya sama dengan judul cover

3. Kata Pengantar
Kata pengantar terdiri dari Mukadimmah atau pembuka yang berupa ucapan puji dan syukur sambutan dan lain-lain. Dalam bagian ini juga mencantumkan nama judul suatu makalah. Selanjutnya yaitu ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam proses pembuatan makalah tersebut hingga dapat berjalan lancar. Selanjutnya, Penutup mukadimmah, bagian ini tentang permintaan pemberian kritik supaya makalah menjadi lebih baik.



4. Daftar Isi
Daftar isi memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami isi serta mencari materi terdapat dalam makalah tersebut.

5. Bab I Pendahuluan
Pada bab ini kita akan menerangkan konsep, rencana, serta gagasan, permasalahan dan juga tujuan yang termuat dalam bagian latar belakang.

Kita juga perlu menentukan ruang lingkup dari penelitian yang mencakup berbagai macam proses yang digunakan sebagai wadah untuk menuangkan suatu permasalahan.

Tambahkan juga Tujuan dan Manfaat dari permasalahan yang sedang dibahas

6. Bab II Isi
Pada bagian ini akan memuat beberapa hal, yaitu :
  • Definisi atau landasan teori
  • Ulasan materi
  • Penyelesaikan suatu masalah
  • Hasil peneltian dan solusi
  • Kontribusi terhadap permasalahan yang sedang di bahas

7. Bab III Penutup
Pada bagian penutup, kita akan uraikan kesimpulan yang telah kita dapatkan. Mulai hasil penelitian yang telah dilakukan, kelebihan serta kekuranan dari hasil penelitian, dan juga perhitungan matematisnya. Kita juga dapat menuliskan kritik dan saran terhadap permasalahan yang sedang kita kritisi.

8. Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan satu bagian terakhir. Daftar pustaka berisi tentang nama-nama literature yang menjadi referensi kita dalam membuat makalah. Perhatikan juga dalam tata cara penulisan nama, gelar, dan jabatan. Ini berfungsi agar tidak mengaburkan definisi pustaka.

Daftar pustakan bisa diambil dari jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, dan interview, bisa juga dari website di internet. Namun, keberadaan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih jadi pertentangan di kalangan para akademisi.
sumber : http://www.republikmuda.com/2015/09/pengertian-dan-cara-membuat-makalah.html
Berikut saya berikan contoh makalah, apabila ada yang kurang dalam penulisan tepat harap maklum.

Semoga bermanfaat....


EmoticonEmoticon