Pengalaman Buruk Membeli Solar Cell Dari toko "DIY SOLAR CELL" di AliExpress

By Admin


Keinginan untuk merakit perangkat energi ramah lingkungan berupa listrik tenaga matahari dulu pernah terpikirkan dari 5 tahun yang lalu, tapi berhubung pada saat itu belum ada model On Grid Tie (injeksi listrik ke jaringan PLN yang ada dirumah) jadi saya urungkan niat itu. Pertimbangan utama adalah biaya untuk maintenance penampung listrik berupa aki yang cukup mahal bagi saya.
Setelah bulan-bulan kemarin dapat info bahwa sudah terdapat inverter on grid / GTI (Grid Tie Inverter) serta dari pihak PLN sudah menyediakan Kwh meter exim akhirnya keinginan untuk merakit listrik tenaga matahari.

Perbandingan harga solar panel yang sudah jadi tinggal dipasang dengan merakit sendiri lumayan besar.
Harga rata-rata per wp (watt peak) di Indonesia adalah Rp 11.500, sedangkan kalau merakit sendiri bahannya sekitar Rp 4.700 per wp, sedangkan untuk kebutuhan lain-lain seperti frame atau bingkai tempat solar cell sekitar Rp 200.000 dan tabing wire.

Setelah browsing bahan yang diperlukan akhirnya menemukan sebuah penyedia sollar cell dengan nama toko "DIY SOLAR CELL" yang khusus menyediakan bahan-bahan untuk merakit sendiri.
Produk SunPower  tipe Maxeon C60 semi flexible jumlah 20 pcs dengan harga 40 US$ dan dapat diskon jadi 35,2 US$. Tertulis dengan watt 3,32 dan voltase 0,5V tingkat efisiensi 21,8 %.  Efisiensi yang sangat bagus mengingat umunya solar cell hanya memiliki efisiensi 17%.

Terkejut sekali ternyata solar cell hanya mampu menghasilkan kuat arus sebesar 2,3 ampere dengan voltase 0,5 volt pada saah matahari terik. Dan untuk menghitung watt adalah volt x Ampere = 1,15 watt, seharunya 6,68 Ampere. Realnya hanya 35% dari watt yang ekspetasi produk oleh toko tersebut.
Produk SunPower  tipe Maxeon C60 semi flexible jumlah 20 pcs dengan harga 40 US$ dan dapat diskon jadi 35,2 US$. Tertulis dengan watt 3,32 dan voltase 0,5V tingkat efisiensi 21,8 %.  Efisiensi yang sangat bagus mengingat umumnya solar cell hanya memiliki efisiensi 17%.
Setelah dipesan lalu dibayar pada tanggal 24 Oktober 2016 dan setelah 2 hari seller mengkonfirmasi pemesanan dari saya kemudian mengirimkannya melalui China Post. Tanggal 12 hari sabtu dapat kabar dari kantor pos di kecamatan saya kalau paketan sudah sampai.
Setelah diambil segera saya cek...


SAATNYA TEST...
Terkejut sekali ternyata solar cell hanya mampu menghasilkan kuat arus sebesar 2,3 ampere dengan voltase 0,5 volt pada saah matahari terik. Dan untuk menghitung watt adalah volt x Ampere = 1,15 watt, seharunya 6,68 Ampere. Realnya hanya 35% dari watt yang ekspetasi produk oleh toko tersebut.



Waduh ternyata yang didapat adalah solar cell maxeon PALSU...
Setelah dicek ulang ternyata ada 3 lembar solar cell yang mati dengan voltase 0

Setelah saya amati lagi pada feedback dari katalog barang tersebut memang ada beberapa komentar dari pembeli yang menyatakan hal yang serupa dengan saya.



Alhasil tetap saya rakit, lumayan dapat 20 wp :D

Dengan kejadian buruk ini saya tetap semangat untuk merakit solar cell sendiri, dengan cara mencari penjual lain yang lebih jujur...


Saya melakukan pengaduan ke pihak AliExpress karena barang yang diterima tidak sesuai deskripsi dan ada beberapa yang tidak berfungsi. Saya harap AliExpress bisa menjembatani demi kredibilitas sebagai toko online terbesar di Asia. Saya minta pengembalian dana 22 US$, dan disetujui oleh seller. Akhirnya bisa tarik dananya biarpun tidak full

Demikian pengalaman saya, sekedar sharing dan semoga berguna


EmoticonEmoticon